Keajaiban Sedekah, mengikis sifat kikir

Keajaiban sedekah yang paling ajaib adalah sedekah yang mampu mengikis sifat kikir dan bakhil dari dalam hati. Sifat kikir dan sifat bakhil adalah sifat jahat yang akan membawa seorang hamba masuk ke dalam neraka. Sifat bakhil dan kikir bila dikekalkan di dalam hati akan membuat iman tiada tempat di dalam hati. Nabi Muhammad saw adalah manusia agung yang telah mencontohkan kepada kita untuk menjadi seorang pribadi yang pemurah.

Sedekah membawa berkah

Keajaiban sedekah

Kalau kita sadar darimana datangnya harta, tentu kita tidak akan merasa memiliki harta tersebut. Dalam kita berusaha, akal dari siapa? tenaga dari siapa? kesehatan dari siapa? Bukankah semua datang dari Allah? Harta yang datang dari Allah mengapa kita rasakan harta itu milik kita? mengapa kita abaikan perintah Allah agar kita menjadi seorang yang pemurah, mengembalikan harta yang dari Allah itu kembali ke jalan Allah. Yaitu dengan menyedekahkannya.

Jangan kejar fadhilat

Dalam bersedekah, jangan kejar fadhilat. Fadhilat itu hak Allah. Allah boleh beri, Allah boleh tunda, Allah boleh beri tapi tidak seperti yang kita sangka, pokoknya fadhilah itu hak Allah, kekuasaan Allah.

Bila kita kejar fadhilat, fokus pada fadhilat, kejaiban sedekah yang paling ajaib akan kita lewatkan, yaitu terkikisnya sifat bakhil dan suburnya rasa hamba. Bahkan boleh jadi kita malah terjebak merasa hebat karena sudah sedekah. Kalau  begitu, bukannya keselamatan yang kita dapat, malah justru celaka.

Memang Allah tidak akan mungkir janji. Sedekah 1 Alllah akan balas 10, 70, 700 bahkan tak terhingga. Katalah sedekah 1juta, 10juta mungkin kita dapat. Tapi apalah artinya dapat 10juta bila kemudian kita merasa hebat, merasa sudah soleh dan lupa akan dosa-dosa.

Sepatutnya, ketika dapat 10 juta itulah tersungkur kita di hadapan Allah. Sepatutnya kita rasa kerdil. Sepatutnya kita rasa hamba. Sepetutnya kita rasa, kalaulah Allah tidak gerakkan hati untuk sedekah tentu sedekah itu tidak akan kita buat. Kita rasa malu, kita rasa hina di hadapan Allah. Selain rasa kehambaan yang makin subur, sifat bakhil pun perlahan-lahan akan semakin terkikis dari hati kita.

Seperti bacaan tahiyat yang wajib kita baca setiap sholat. Kalau tidak membaca bacaat tahiyat ini, tidak sah solat kita.:

“Ya Allah, segala penghormatan, keberkahan, sholawat, dan kebaikan hanya milikMu Ya Allah”

Advertisements

One thought on “Keajaiban Sedekah, mengikis sifat kikir

  1. Pingback: 7 Peringkat Zalim | SUFI PEJUANG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s